Meredam Cemburu

(Sumber : Konsultasi AgamaRepublika, Sabtu, 28  Mei  2011 / 24 Jumadil Akhir 1432)

Tanya:

Ustadz, saya adalah istri kedua, setelah suami saya bercerai dengan istri pertamanya. Suami saya masih harus sering berkomunikasi dengan mantan istrinya karena putranya diasuh mantan istrinya. Yang menjadi masalah adalah, saya masih sering cemburu jika suami bertelepon dengan mantan istrinya.

Mohon nasihatnya Ustadz, bagaimana supaya cemburu ini adalah cemburu yang benar dalam pandangan Islam? Jazakumullah.

(Fitriana,Depok)

Jawaban :

Rasa cemburu ( ghirah ) adalah fitrah yang Allah tanamkan dalam hati orang yang beriman untuk menjaga martabat keimanan dan kehormatan diri serta keluarganya. Rasa cemburu yang Anda rasakan adalah bukti cinta kepada suami dan perkara normal bagi seorang wanita, namun rasa cemburu yang awalnya mulia bisa berubah menjadi hina bagi pelakunya jika direalisasikan dengan menzalimi diri sendiri atau orang lain.

Menghadapi kenyataan yang akan berlangsung panjang ini membutuhkan kearifan dan kesabaran yang ekstra. Untuk itu saran saya:

1. Ikhlas menerima takdir. Kenyataannya Allah telah menikahkan mereka berdua sebelum Anda dan Anda juga sudah megetahui kondisi pasangan Anda sebelum menikah. Jodoh ini adalah takdir baik Allah maka jangan pernah sangsikan akan datangnya kebaikan jika sudah ikhlas menerima takdir-takdir-Nya.

2. Berprasangka positif pada suami, yakinlah bahwa Allah telah mencabut rasa mawaddahdan rahmah di antara mereka berdua, sehingga hati dan hubungan mereka tidaklah seperti yang Anda khawatirkan. Percayalah, jika prasangka Anda baik pada Allah dan suami maka kebaikan pula yang akan terjadi, tapi jika berprasangka negatif maka sudah tertimpa masalah sebelum datangnya musibah.

3. Redam api cemburu dan amarah dengan memohon perlindungan Allah ( ber-ta’awwudz ) sehingga tertutup pintu setan untuk memasukkan rasa was-was dalam pikiran dan hati. Kemudian, alihkan pikiran kepada ketaatan dan kebajikan yang mendatangkan manfaat. Wallahu a’lam bish-shawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s