Agar Remaja Cinta Al-Quran

(Sumber : Konsultasi AgamaRepublika, Rabu, 8  Juni  2011 / 6 Rajab 1432)

Tanya:

Ustadz Bachtiar, saya memiliki kesulitan dan hampir putus asa dalam membimbing anak remaja saya untuk mempelajari Al-Quran. Bagaimana ya caranya agar anak-anak remaja kami dapat mencintai Al-Quran? Mohon penjelasannya agar anak-anak kami menjadi anak-anak yang saleh dan salehah. Terima kasih.

(Sofia, Jakarta Utara)

Jawaban :

Jangan pernah putus asa, karena fitrah manusia pada dasarnya membutuhkan Al-Quran sebagai panduan hidupnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengajarkan mereka agar senang pada Al-Quran, seperti memberikan konsumsi yang halal, membuatkan lingkungan yang sehat ( jauh dari maksiat ), memberikan teladan yang benar, mencarikan guru yang berkah dan ikhlas, siapkan perangkat yang sesuai dengan kecenderungan mereka, misalnya multimedia, serta suasana yang rileks. Bila perlu, masukkan mereka ke lembaga yang menekankan pada pendidikan Al-Quran dan sunah. Buatkan pula komunitas yang membuat mereka percaya diri menjadi pengemban amanah Al-Quran.

Dalam praktiknya, mulailah dengan mengajak mereka untuk merasakan atmosfer dan pengalaman kehebatan mukjizat Al-Quran. Akan lebih mudah jika disampaikan dalam bentuk kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran, juga keampuhan doa-doa dalam Al-Quran.

Agar anak remaja mencintai Al-Quran, kenalkan mereka tentang peran dan fungsi Al-Quran sehingga mereka tertarik. Jelaskan pada mereka, peran dan fungsi Al-Quran yang berkaitan langsung dengan remaja, misalnya kehebatan Al-Quran sebagai sumber semua ilmu pengetahuan klasik, seperti astronomi, geologi, sejarah. Juga pengetahuan modern, seperti manajemen, teknologi, informasi. Serta pengetahuan masa depan, seperti kiamat, alam gaib, kebangkitan, surga, neraka, dan lain-lain.

Jelaskan pula tentang kedahsyatan Al-Quran dalam memengaruhi kehidupan orang-orang hebat dan tokoh-tokoh heroik yang menarik bagi remaja, misalnya kisah kenabian / kerasulan, Muhammad muda, ilmuwan, pahlawan, orang bijak, atau artis. Perkenalkan pula tentang gaya hidup Qurani yang bisa membuat seseorang menjadi keren, terkenal, hebat, maju, dan modern. Sampaikan juga janji-janji Al-Quran yang memberikan kepastian masa depan dan kehidupan yang lebih jelas.

Dekatkan mereka kepada Al-Quran dengan metode berulang-ulang. Caranya dengan menggunakan setiap momentum dan kesempatan secara berulang-ulang untuk menjelaskan seberapa penting Al-Quran bagi remaja dan bahaya apa yang menimpa mereka jika jauh dari Al-Quran. Wallahu a’lam bish shawab. ■

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s