Memaknai Al Qur’an dengan Metode Tadabbur Banyak Ditinggalkan

(Faris Alfa Mauludy – detikRamadan – Senin/15/08/2011)

Jakarta – Tadabbur atau metode perenungan dan pencermatan ayat-ayat Al Qur’an agar memperoleh kepahaman mulai banyak ditinggalkan. Padahal bila dilakukan, seseorang akan dapat merasakan bukti dan mukjizat bahwa Al Qur’an sungguh-sungguh berasal dari Allah SWT.

Seperti yang disampaikan pimpinan pusat Ar-Rahman Quranic Learning Center (AQL), Ustadz Bachtiar Nasir, tadabbur adalah metode yang disebutkan dalam Al Qur’an dan merupakan cara yang paling disukai. Namun sayangnya pendekatan ini terabaikan.

“Dengan metode tadabbur ini bisa mengajak umat keluar dari buta makna Al Qur’an, dan berdakwah kepada umat agar berquran secara fungsional disamping memperindah pola Al Quran secara ritual,” kata Ustadz Bachtiar saat membuka peluncuran Gerakan Nasional Tadabbur Al Qur’an (GENTA) di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (14/8/2011).

Menurutnya, berquran yang fungsional adalah memahami dan menaati setiap perintah dan larangan yang ditetapkan Al Qur’an dan sunah. Menghalalkan dan mengharamkan Al Qur’an dalam kehidupan, serta menjadikan Al Qur’an sebagai sumber pembangunan peradaban.

Untuk itulah, Ustadz Bachtiar meluncurkan gerakan tersebut. Tujuannya untuk menginspirasi umat agar berinteraksi dengan pendekatan ‘Tadabbur Qur’an’.

GENTA sendiri akan melakukan kegiatan sosialisasi atau roadshow metodologi ‘Tadabbur Qur’an’ dan menerbitkan buku dan sarana multimedia lainnya. Selain itu, gerakan tersebut akan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan , serta bekerjasama dengan segenap elemen untuk mencapai apa yang dicita-citakan.

“Fakta adalah yang disebutkan dalam Al Qur’an, bukan yang kita lihat. Dan mulai hari ini berinteraksilah dengan cara yang disukai Al-Quran” tutupnya.

( feb / feb )

This entry was posted in KLIPING MEDIA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s